Sabtu, 09 Desember 2017

Mengapa Amerika Serikat Bisa Menjadi Negara Adikuasa?

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan
Ilustrasi Amerika Serikat tempo dulu - hariansejarah.id

Suhu politik dunia saat ini bisa dibilang sedang panas. Berbagai manuver kontroversial dilancarkan oleh negara adidaya Amerika Serikat, membuat dunia mengecam keras. Lantas mengapa berbagai kebijakan Amerika Serikat begitu mempengaruhi dunia?

Hal itu tak terlepas dari status negara "Super Power" yang disandang negri Paman Sam tersebut. Dan kembali pertanyaannya: mengapa Amerika Serikat menjadi negara adidaya.

Awalnya... Perjalanan Amerika Serikat menuju negara adidaya cukup berliku.

Amerika Serikat merdeka dari Britania Raya yang merupakan negara adidaya terlama. Kemerdekaan itu di dapat pada 14 Juli 1766, itu sudah lama banget, dulu banget..

Perang melawan Spanyol, yang disebut juga sebagai duel antara mantan negara adidaya (kerajaan Spanyol) dengan calon negara adidaya (Amerika Serikat). Perang yang berlangsung pada tahun 1898 berakhir dengan tampilnya Amerika Sebagai negara adidaya yang baru setelah Britania Raya.

Setelah itu berbagai peristiwa-peristiwa penting di dunia tidak pernah lepas dari campur tangan Amerika Serikat. Termasuk perang dunia I & II, perang dingin, perang Vietnam, Perang Afganistan dan lainnya. Meski ditengah berbagai peristiwa tersebut Amerika sempat mengalami peristiwa "depresi besar" 1929. Namun tidak menggoyahkan Amerika dalam upayanya berkuasa dalam percaturan dunia.

Berbagai kekuatan Amerika Serikat saat ini dimiliki semakin membuat negara tersebut berdigdaya. Salah satunya yang disegani ialah kekuatan militer no.1 dunia. Meski dulunya kekuatan militer Amerika masih jauh tertinggal di banding milik Jepang, Jerman dan Britania Raya. Tidak sekuat sekarang.

Infografis militer Amerika - tirto.id

Dan kekuatan militer tersebut tentu tidak ujug-ujug jadi gitu saja. Ada Dukungan kuat dari bidang lain. Seperti ekonomi dan politik. Amerika begitu mempengaruhi perekonomian dunia. Dimulai dari US Dollar yang begitu berpengaruh. Banyaknya perusahan multinasional yang bermarkas disana, baik perusahan teknologi, fashion maupun yang lainnya. 8 dari 10 merek terkemuka dunia adalah produk Amerika. Kayaknya hampir semua komoditi dunia dikuasai Amerika ya..

Di Amerika itu pusatnya hiburan dan trensetter, seperti apa yang hits disana akan jadi hits di dunia. Why??

Terus para milyader dunia juga banyak dari Amerika Serikat. Kamu pasti tahulah siapa orang-orangnya, gak perlu ditulis lagi disinim. Dan sialnya, Semisal negara ini (AS) mengalami resesi, dunia juga akan jadi dampaknya. Gak enak banget kan..

Amerika juga kuat dalam perpolitikan dunia. Punya hak veto dan seakan-akan di "anak emaskan" oleh PBB. Entahlah, Amerika seperti dibiarkan saja melakukan berbagai invasi militer di beberapa wilayah dunia. Sementara Indonesia yang dulu pernah melakukan operasi militer yang notabene untuk merebut kembali wilayahnya sendiri, rame-rame di tuduh melanggar HAM. Why??

Dalam dunia pendidikan? Siapa yang meragukan lagi kemajuan universitas-univeritas di AS. Enam dari sepulu universitas terbaik pada ajang "2012 Quacquarelli Symonds Worl Rankings" ada di Amerika.

Satu lagi, bahasa Inggris versi Amerika Serikat juga "digilai" banyak orang dan semakin banyak penuturnya didunia. Termasuk saya juga deh, yang mempelajarinya hhehehe..

Dan yang perlu diketahui multi etnis disana begitu bersinergi membangun Amerika, Satu poin yang perlu dicontoh bukan?. Seperti banyak diketahui, Amerika pada dasarnya besar dari para imigrannya. Maka itu, ketika kebijakkan Trump yang cenderung mendeskreditkan golongan imigran, banyak pihak yang protes terutama dari pihak rakyak Amerika Serikat sendiri.

Secara garis besar, negara yang disebut adidaya ketika negara tersebut amat sangat berpengaruh dan berkuasa dalam berbagai bidang semisal ekonomi, politik dan militer. Awalnya Britania Raya dikenal sebagai negara adidaya terlama, namun setelah perang dunia banyak negara koloninya yang merdekakan diri, termasuk negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura. Sejak itu Britania Raya mulai kehilangan status Super Power mereka.

Dan kini ada dua negara adidaya di dunia, Russia dan Amerika Serikat. Namun posisi Russia (dulunya Uni Soviet) yang juga kehilangan wilayahnya pasca runtuhnya Uni Soviet, membuat status Russia menjadi kurang kuat. Malah negara tetangga Russia yang juga masih satu ideologi, China (Republik Rakyat Tiongkok) digadang-gadang sebagai negara adidaya selanjutnya.

Saya berharap jika kelak Indonesia menjadi negara maju, jangan menjadi negara adidaya. Maksudnya, ngapain jadi negara adidaya kalau hanya untuk mencampuri urusan "rumah tangga" negara lain.

CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga